Download Buku IPS PDF Kelas 7 (EDISI REVISI) SMP/MTs Kurikulum Merdeka
link download buku pdf ips kelas 7 (edisi revisi) smpmts kurikulum merdeka |
Kurikulum Merdeka
Pada Tahun Ajaran 2022/2023 dan 2023/2024, Kurikulum Merdeka menjadi sebuah pilihan bagi setiap satuan pendidikan. Kurikulum Merdeka pada hakikatnya adalah Kurikulum yang memberikan keleluasan dan memudahkan pendidik menerapkan pembelajaran yang lebih mendalam, sesuai dengan kebutuhan pendidik, serta fokus pada penguatan karakter.
Kita ketahui bersama Kurikulum Merdeka mempunyai kelebihan yaitu Lebih sederhana dan mendalam, Lebih merdeka, serta Lebih relevan dan interaktif. Ketika Satuan Pendidikan sudah mengetahui kelebihan ataupun kekurangannya. Maka pihak sekolah dapat memutuskan Kurikulum apa yang akan digunakan.
Karakteristik Kurikulum Merdeka
Karakteristik Kurikulum Merdeka ada 3 yaitu:
- Pengembangan soft skills dan Karakter: Pengembangan soft skills melalui projek penguatan profil pelajar Pancasila.
- Fokus pada materi Esensial: Fokus pada materi esensial, relevan, dan mendalam sehingga ada waktu cukup untuk membangun kreativitas dan inovasi peserta didik dalam mencapai kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi.
- Pembelajaran yang fleksibel: Keleluasaan bagi guru untuk melakukan pembelajaran yang sesuai dengan tahap capaian dan perkembangan peserta didik dan melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal.
Mengapa kita memerlukan Kurikulum Merdeka?
Berbagai studi nasional dan studi internasional menunjukkan bahwa Indonesia telah mengalami krisis pembelajaran yang cukup lama. Studi-studi tersebut menunjukkan bahwa banyak dari anak-anak Indonesia yang tidak mampu memahami bacaan sederhana dan tidak mampu menerapkan konsep matematika dasar. Maka dari itulah Kemendikbudristek mengembangkan Kurikulum Merdeka sebagai bagian penting dalam upaya memulihkan pembelajaran dari krisis yang sudah kita alami.
Dua elemen capaian pembelajaran dalam kurikulum 2024 yaitu pemahaman konsep dan keterampilan proses yang dirancang untuk memperkuat kompetensi luaran peserta didik. Proses pencapaian ini dilakukan melalui
pembelajaran dengan dukungan berbagai komponen seperti buku teks utama sebagai salah satu sumber atau bahan pembelajaran. Substansi buku teks utama ini dipetakan dari tujuan pembelajaran setiap fase mata
pelajaran. Penentuan tema pada setiap bagian besar buku ini merupakan anchor pada konstruksi scaffolding IPS yang memberikan tinjauan terintegrasi dari berbagai perspektif kajian sosial, seperti tinjauan geograis, sosiologi, sejarah, dan ekonomi. Tinjauan geograis digunakan sebagai platform/landasan setting suatu fenomena yang dikuatkan oleh tinjauan sejarah, sosiologi, dan ekonomi secara komprehensif.
pembelajaran dengan dukungan berbagai komponen seperti buku teks utama sebagai salah satu sumber atau bahan pembelajaran. Substansi buku teks utama ini dipetakan dari tujuan pembelajaran setiap fase mata
pelajaran. Penentuan tema pada setiap bagian besar buku ini merupakan anchor pada konstruksi scaffolding IPS yang memberikan tinjauan terintegrasi dari berbagai perspektif kajian sosial, seperti tinjauan geograis, sosiologi, sejarah, dan ekonomi. Tinjauan geograis digunakan sebagai platform/landasan setting suatu fenomena yang dikuatkan oleh tinjauan sejarah, sosiologi, dan ekonomi secara komprehensif.
Pada awal fase D di kelas VII, peserta didik dirancang dapat memahami kondisi lingkungan tempat tinggal atau tempat asal dalam lingkup keluarga dan tetangga. Pada buku ini, muatan materi terintegrasi dalam konstruksi tema yang dikembangkan oleh penulis. Kemerdekaan dalam menentukan tema pada setiap bab dapat dilakukan oleh para guru dengan mengadaptasikan dengan karakteristik dan keberagaman peserta didik pada setiap satuan pendidikan.
Buku kelas VII ini tersusun atas empat tema, yaitu (1) Kehidupan Sosial dan Kondisi Lingkungan Sekitar, (2) Keberagaman Lingkungan Sekitar, (3) Potensi Ekonomi Lingkungan, dan (4) Pemberdayaan Masyarakat. Keempat tema menjadi pijakan dalam mengembangkan pemahaman konsep dan keterampilan proses IPS dari berbagai sudut pandang keilmuan yang mendukungnya. Keempat tema sebagai penguatan terhadap kedua elemen Capaian Pembelajaran dengan tujuan menghasilkan atau memantik potensi kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik. Guru dapat mendesainnya melalui pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, khususnya pada vi implementasi model Project Based Learning, Studi Kasus, dan Problem Based Learning.
Download Buku IPS (Edisi Revisi) PDF Kelas 7 SMP/MTs
Sahabat Gurutiknesia, Kali ini kami akan berbagi tautan link Download Buku PDF IPS (Edisi Revisi) Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum Merdeka. Perlu kita ketahui konten dari buku kurikulum merdeka ini berisikan materi tentang Kehidupan Sosial dan Lingkungan Sekitar, Keberagaman Lingkungan Sekitar, Potensi Ekonomi Lingkungan, Pemberdayaan Masyarakat.Langsung saja, di bawah ini merupakan buku digital berbentuk pdf, silahkan di unduh dan semoga bisa membantu bapak, ibu, dan anak semuanya.
Buku SISWA IPS PDF Kelas 7 (Edisi Revisi) SMP/MTs (DISINI)
Buku GURU IPS PDF Kelas 7 (Edisi Revisi) SMP/MTs (DISINI)
Demikianlah Sahabat Gurutiknesia, Semoga link download buku kurikulum merdeka bisa bermanfaat untuk kita semua, dan kami ucapkan terimakasih atas perhatian semuanya. Semoga Kita selalu diberikan kelancaran, kemudahan, keberlimpahan, dan tetap semangat belajar dan mengajar. Jangan Lupa BAHAGIA :)
Post a Comment for "Download Buku IPS PDF Kelas 7 (EDISI REVISI) SMP/MTs Kurikulum Merdeka"
Tinggalkan Komentar Disini...